Jumat, 08 Juni 2012

Perkembangan Embrio Janin Bayi

Teringat pertama kalinya melihat hasil cek kehamilan istri. jadi ingin berbagi pengetahuan mengenai perkembangan janin atau bayi dalam rahim ibunda.

Perkembangan janin sejak fertilisasi sampai aterm melalui beberapa tahap. Dimulai dari :
Zigot >> blastomer >> morula >> blastula >> grastula >> embrioblast >> fetus.




Minggu 1

Pembuahan terjadi di bagian luar saluran telur, ketika sebuah sel sperma menembus kulit (zona pellusida) sel telur menembus kulit. Ekor sel sperma tersangkut di luar telur dan terlepas, sehingga kepala sel mani dapat bergerak bebas di dalam sel telur. Bagian dari kepala sperma disebut inti dan mengandung benang-benang informasi yang diperlukan untuk membentuk manusia baru. Ini adalah langkah pertama pembentukan manusia baru yang mempunyai sifat gabungan antara ayah dan ibu. Dalam waktu 8-24 jam dimulai pembelahan segmentasi Pada hari ke 4 blastula memasuki endometrium, zona pelusida lenyap. Pada hari ke 6 blastula mulai berimplantasi (tahap menggali)

Minggu ke 2

Tahapan pada minggu kedua adalah dimulainya implantasi Pada hari ke 8 setengah blastula tertanam di endometrium Pada hari ke 9 : blastokista semakin terbenam dan ditutupi oleh bekuan fibrin, sinsitiotropoblas berubah menjadi kubah/cekungan yang akan menyatu dengan pembuluh darah Ibu da berisi darah Ibu, dengan ukuran sebesar kepala peniti Pada hari ke 11 dan 12 selesai mengadakan implantasi dalam stroma, sudah terjadi sirkulasi uteroplasenter Minggu ke 3 Pada minggu ini embrio sudah terbentuk seperti :
1. Rongga amnion
2. Kantung kuning telur utama
3. Amnion
4. Kantung kuning telur primer
5. Lempeng embrionik
6. Badan penghubung amnion


Minggu ke 4

Kini bayi berbentuk embrio. Embrio memproduksi hormon kehamilan (HCG) sehingga apabila melakukan test kehamilan, hasilnya positif. Pada tahap ini terjadi pembentukan :
1. Migrasi selsel dari lapisan primitif
2. Lempeng saraf
3. Otak
4. Lekuk saraf
5. Kelenjar thyroid mulai berkembang
6. Badan penghubung


Minggu ke 5

Pada minggu ini, panjang janin sekitar 1,27 mm. Sistem saraf pusat, otot, dan tulang mulai dibentuk. Begitu pula dengan kerangka. Selain itu terbentuk juga :
1. Jantung mulai berdetak
2. Fusi lapisan saraf
3. Munculnya mata dan telinga
4. Bakal tungkai bagian atas
5. Otak bagian depan
6. Lengkung brachial
7. Tulang telinga


Minggu ke 6

Ukuran embrio rata-rata 2-4mm yang diukur dari puncak kepala hingga bokong. Tuba saraf sepanjang punggung bayi talah menutup. Meski belum bisa mendengar, jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. Sistem pencernaan dan pernapasan mulai dibentuk, pucuk-pucuk kecil yang akan berkembang menjadi lengan kaki pun mulai tampak. Rongga matanya sudah terbentuk. Kepalanya seperti kepala reptilia dan mempunyai ekor.


Minggu ke 7

Akhir minggu ke tujuh, panjangnya sekitar 5-23 mm dan beratnya 0,8 gram, kira-kira sebesar biji kacang hijau. Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil. Jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri, begitu pula dengan saluran udara yang terdapat di dalam paru-paru. Terjadi pula :
1. Pertemuan rongga mulut dan hidung
2. Telinga
3. Mata
4. Lempeng kaki
5. Bibir dan hidung terbentuk
6. Jari-jari tangan mulai terbentuk


Minggu ke 8

Saat ini janin sudah mulai memperlihatkan bentuknya sebagai manusia. Panjangnya2,5 cm. Kepala besar dibandingkan tubuhnya. Mata dan telinga mulai terbentuk. Mata tertutup kelopak mata, dantetap tertutup sampai minggu ke-24. Mulai terbentuk lengan dan kaki dengan jari-jari kecil dan tumit yang mengarah keluar. Tungkai bagian atas memanjang dan menekuk pada bagian siku. Saat ini semua organ utama dari tubuh sudah terbentuk, jantung berdetak dengan kuat, darah beredar melalui pembuluh-pembuluhnya, pencernaan aktif dan ginjal mulai berfungsi. Dahi membesar, genetalia eksterna belum menunjukan jenis kelamin tapi sudah mulai berdeferensiasi san anus sudah terbentuk. Satu-satunya perubahan dalam organ sejak saat ini adalah bertambahnya ukuran dan kecanggihan fungsi-fungsi tubuh sang bayi.

Minggu ke 9

Minggu ini, panjangnya sekitar 22-30 mm dan beratnya 4 gram. Pada minggu ini telinga bagian luar mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan mulai tampak. Ia mulai bergerak walaupun tidak bisa merasakannya. Dengan Dopler, bisa didengar detak jantungnya.

Minggu ke 10

Pada minggu ini mulai tampak seperti manusia kecil dengan panjang mencapai 32-43 mm dengan berat 7 gram. Wajah mulai menunjukan raut muka, letak telinga masih lebih rendah dari posisi normal. Alat kelamin eksternal mulai terbentu Perempuan (klitoris, labia mayor, labia minor) laki-laki (Glan penis, skrotum). Sudah mnunjukan karakteristik perempuan atau laki-laki tapi belum terbentuk sempurna. Pertumbuhan sel otak meningkat dengan cepat, hapir 250.000 sel saraf baru diproduksi setiap menit sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh. Tulang sudah menggantikan kartilago. Diafragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut. Otot leher terbentuk.

Minggu ke 11

Jari-jari kecil bayi sedang bertumbuh dengan kukunya, selaput pelangi mata janin juga sedang berkembang. Folikel-folikel rambut dan gigi sudah terbentuk. Bayi sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali (kencing). Minggu ke 12 Panjang janin sekitar 6,5 cm dan beratnya 18 gram. Kepala bayi menjadi lebiih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan jaki terbentuk dan kuku mulai tunbuh. Janin mulai menggerak-gerakan tungkai dan lengannya.uri mulai tumbuh sekitar 6 kali berat janin.
Minggu ke 13 Panjang janin sekitar 7,5 cm dengan trakea, paru-paru, pankreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk dan tunas gigi muncul dengan 20 gigibayi. Pada minggu ini jari tangan, telapak kaki mulai terlihat.

Minggu 14

Pada minggu ini organ seks bayi dapat dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Denyut jantung bayi berdetak kuat 2x lebih cepat dari Ibu. Janin sudahdapat memberi respon terhadap dunia luar rahim Ibu, janin mungkin akan bergerak bila perut diusap tapi Ibu mungkin belum dapat merasakannya.

Minggu ke 15

Bayi sudah mulai dapat mendengarkan Ibu, mendengarkan denyut jantung Ibu, suara perut Ibu, juga suara Ibu. Sekarang janin sudah mulai mempunyai rambut di kepalanya, juga bulu mata dan alis. Ukurannya sekarang 114 gram dengan panjang 15 cm. Minggu ke 16 Otot janin sudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Mulai menghisap ibu jarinya, menguap, meregangkan tubuhnya, sudah menelan kencing dan cengukan. Pada minggu ini jika sinar terang diletakkan diperut janin akan mengerakkan tangan dan matanya.

Minggu ke 17

Masih banak ruang dalam rahim, bayi akan bergerak merasakan sekitarnya. Kulit janin berkembang dan transparan. Terlihat merah sebab pembuluh darah masih terlihat jelas. Minggu ke 18 Sekarang janin sudah dapat mendengarkan suara daluat tubuh Ibu, janina akan bergerak atau melompat ketika mendengarkan suara keras. Otot bayi sudah dapat berkontraksi dan relaks, byi sudah dapat mendengar atau meninju. Bergerak sangat aktif, dalam minggu ini mungkin Ibu sudah dapat merasakan gerakan putarannya untuk pertama kali. Pergerakan janin lebih kuat dan dinding uterus yang lebih tipis menghasilkan pengalaman quickening pada Ibu. Minggu ke 19 Pada minggu ini panjang janin sekitar 16,5 cm dengan berat 226 gram. Tubuh janin diselimuti vernik caseosa, semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka. Pada minggu ini sistem saraf semakin sempurna, yakni dengan diproduksinya cairan serebrosspinalis yang mestinya bersirkulasi di otak dan saraf tulang belakang tanpa hambatan.

Minggu ke 20

Otot janin semakin kuat tiap minggu. Jika Ibu masih belum bisa merasak gerakannya, Ibu akan merasakannya sekarang. Ibu mungkin salah mengartikan gerakannya pertama kali sebagai angin, karena terasa seperti letupan gelembung-gelembung didalam. Bayi akan bergerak sekitar 200 kali sehari, tapi Ibu akan merasakan sedikit dari semua gerakan.

Minggu ke 21

Panjangnya sekitar 28 cm. Ibu akan merasakan lebih banyak gerakan karena bayi makin aktif. Minggu ke 22 Bayi akan sadar akan lingkungannya dan bayi akam merasa tenang ketika mendengarkan suara dan sentuhan diperut. Tubuh bayi mulai memproduksi sel darah putih. Ini penting untuk bayi dalam melawan penyakit dan infeksi. Minggu ke 23 Panjangnya sekitar 23 cm. Sekarang ukuran kepalanya sudah sesuai dengan tubuhnya. Saat ini janin terlihat sama seperti akan lahir nanti tapi lebih kecil dan kurus saat ini. Ibu dapat mendengarkan detak jantung janin dengan stetoskop. Pertumbuhan otak sangat cepat.

Minggu ke 24

Pendengaran janin sudah terbentuk sempurna. Janin akan bergerak dengan suara musik dari luar. Janin membentuk pola kapan saat tidur dan kapan saat bangun, Ibu akan merasakan dengan suatu saat janin akan bergerak terus, dan saat lain tidak. Pertumbuhan uri menjadi lambat, sementara sang janin meningkat. Pertumbuhan rambut terlihat jelas, seluruh tubuh janin dilapisi dengan lanugo yak ni rambut halus, alis, bulu mata dan rambut kepala mulai muncul. Ukuran kepala lebih besar dibanding begian tubuh yang lain dan kulit berkerut, bening dan kemerahan memberi penampilan tua pada janin, yang juga kurus dan tidak berlemak. Darah kapiler dam mioglobin merah pada otot terlihat melalui kulit. Pada janin bakal gigi permanen telah muncul, janin masih memiliki ruang dalam uterus, berubah posisi, dapat melakukan gerakan seperti menghisap dan menangis, tangan mulai membentuk kepalan dan pegangan, lemak coklat yang merupakan sumber energi, produsi panas dan pengaturan panas pada janin uang baru lahir juga mulai terbentuk. Berat badan kurang lebih 1,25 pon.

Minggu ke 25

Janin mulai berlatih bernapas dengan menghirup dan mneghembuskan cairan amnion, yang mana kadang membuat bayi cegukan dan Ibu akan dapat merasakannya juga. Lemak sudah tersimpan dan kontur mulai membulat, namun janin masih terlihat kurus dan masih tampak tua dan berkerut. Penambahan berat badan membuat tubuh lebih proporsional pada akhir bulan. Minggu ke 26 Janin sudah mempunyai lemak dibawah kulit, yang akan membantu mengontrol suhu tubuhnya pada saat lahir. Wajah dan tubuhnya secara umum akan telihat janin saat lahir. Panjangnya sekitar 28-32 cm dengan berat sekitar 680 gram. Surfaktan sudah dihasilkan. Rambut kepala semakin panjang, gerakan menghisap lebih kuat, kuku mulai terlihat. Minggu ke 27 Matanya sudah terbuka dan melihat sekelilingnya untuk pertama kalinya. Janin terlihat sepertu bernapas tetapi sebenarnya janin mengambil air bukan udara. Ini merupaka latihan yang baik untuk paru-parunya. Minggu ke 28 Pada janin laki testis akan turun ke kantung skrotum. Jaringan otak berkembang. Sekarang janin dapat bermimpi. Sekarang rahim mencapai 4 jari di atas tali pusat Ibu. Panjangnya sekitar 38 cm dan beratnya mencapai 1000 gram.

Minggu ke 29

janin saat ini mempersiapkan diri seperti posisi lahir dengan kepala kearah bawah. Jaringan lemak terus terbentuk. Pada pemeriksaan luar/palpasi mulai teraba kepala bokong jelas.

Minggu ke 30

Kepala janin sekarang sudah proporsional dengan tubuhnya. Ibu mengalami tekanan di bagian diafragma dan perut. Sekarang bobot janin sekitar 1700 gram dan panjangnya 40 cm. Simpanan lemak mulai memperhalus kerutan. Tubuh janin mulai terisi lemak dan tidak tapmpak terlalu kurus. Vernik caseosa tebal menutupi seluruh tubuh janin, rambut kepala terus bertumbuh dan lanugo benyak sekali kecuali wajah, kuku jari mulai tumbuh mencapai ujungnya, janin memiliki kendali terhadap gerak pernapasan dan mata terbuka dan reflek cahaya terhadap pupil muncul pada akhir bulan. Ukuran kepala bokong 28 cm.

Minggu ke 31

Janin makin bertumbuh besar, maka ruangan rahim menjadi lebih sedikit, janin akan berkurang pergerakannya. Janin kemungkinan dalam posisi melengkung dengan badan dengkul dilipat, dagu di dadanyadan tangan dan kaki menyilang. Janin sudah hampir sepenuhnya berkembang. Kulit janin sudah halus dan tubuhnya montok. Apabila terbangun matanya terbuka dan ia dapat membedakan antara terang dan gelap. Minggu ke 32 Janin berada dalam posisi kepala di bawah sampai nanti lahir. Janin akan tetap menendang, gerakan rata-rata sehari meningkat 375 perhari, tapi anda tidak akan merasakn semuanya. 10 gerakan sehari sudah normal. Panjang janin sekitar 43 cm dan beratnya mencapai sekitar 1800 gram. Paru-paru berkembang dan dapat mendukung kehidupannya.

Minggu ke 33

Ibu akan makin merasakan gerakan janin karena mengisi hampir seluruh ruang rahim. Gerakan menjadi aktig suatu waktu yang membuat Ibu tidak nyaman, terutama ketika kakinya dibawah tulang rusuk Ibu. Janin memiliki seluruh rambutnya pada minggu ini.

Minggu ke 34

Pertumbuhan terutama pada otak dalam minggu ini. Semua sistem tubuh sudah terbentuk sempurna, walaupun paru-paru masih tetap belum matang. Janin memberi respon terhadap suara yang familiar. Minggu ke 35 Janin terus menambah cadangan lemak bawah kulit kepalanya. Kepala janin sudah mulai memasuki panggul.

Minggu ke 36

Panjang janin mencapai 46 cm, berat 2500 gram. Janin menambah berat badan cukup banyak, 700 gram. Hal ini disebabkan lemak telah bertumpuk di bawah kulit dan sekitar bahu. Mulai dari minggu ini janin sudah mempunyai ukuran dan kematangan yang siap untuk lahir. Jika janin lahir pada minggu ini janin lahir prematur tetapi akan baik saja. Pada bulan terakhir kehamilan ini janin akan mendapat antibody dari Ibunya seperti campak.

Minggu ke 37

Janin akan terus berlatih untuk menggerakkan paru-parunya, karena janin akan bernafas setelah dilahirkan. Jika posisi kepala janin dibawah maka kemungkinan kepala sudah memasuki panggul Ibu. Minggu ke 38 Reflek janin sudah terkoordinasi, janin sudah dapat mengedipkan mata, menggerakkan kepala, memegang, dan merespon suara, sentuhan, dan cahaya. Janin sudah dapat membedakan antara terang dan gelap.

Minggu ke 39-40

Sekarang kehamilan telah mencapai periode penuh. Panjang janin sekitar 50 cm dan berat mencapai 3300 gram. Bayi laki-laki sekitar 100 gram lebih berat dari bayi perempuan. Bulan ini merupakan sentuhan akhir yang penting. Pertubuhan dan perkembangan utuh telah tercalpai janin bulat sempurnal, dada dan kelenjar payudara menonjol, perkembangan jenis kelamin sempurna. Lanugo menghilang hampir diseluruh tubuh, kuku mengeras dan warna kulit bervariasi tanpa menghiraukan ras. Tali pusat telah melakukan tugasnya dengan sempurna panjang normal 50-65 cm. Panjang kepala bokong 36 cm. Berat badan tergantung pada sejumlah variabel, rata-rata 7,5 pon.
happy reading :) hope it can help you :)

Reaksi:

5 komentar:

informasi nya lengkap, lumayan untuk menyelesaikan tugas, terima kasih..:)

informasi yang sangat bermanfaat sekali,,terima kasih atas infonya :)

wiiii...akhirnya...jadi gaga ee... [dgn berlogat kupang](kata isteri setelah membaca artikel ini) hehehe...terima kasih atas artikelnya ya . . .

Sangat informatif.. terimakasih.. :)


Mampir juga ke www.abadigrosir.com ya

Poskan Komentar

Silahkan Di Tanggapi