Rabu, 04 Maret 2009

MENGENAL WAYANG

Haio, sobat blogger sedunia...

Sobat pernah dengar kata Wayang ??

Nah, pada kesempatan kali ini saya mau memberikan penjelasan sedikit mengenai wayang. Wayang pada masa sekarang hampir sudah tidak dikenal lagi oleh para generasi muda di Indonesia. Semakin lama semakin berkurang penggemarnya bahkan untuk anaka-anak kecil tokoh-tokoh pada pewayangan sudah kalah dikenal dibanding tokoh-tokoh pahlawan dari luar negeri, ini cukup menyedihkan dan memprihatinkan karena akan mengkawatirkan kelestariannya..

Cerita atau lakon yang dimainkan pada wayang biasanya berkisar pada cerita Ramayana dan Mahabarata yang kemudian berkembang dengan berbagai macam cerita kreasi baru. Sebenarnya tokoh-tokoh pada cerita wayang ini sangat menarik dengan berbagai macam karakter dan sifat yang dapat diambil suri tauladan demikian juga filosofinya yang bermakna cukup dalam.

Dahulu, wayang ini digunakan oleh Walisongo sebagai sarana dalam menyebarkan dakwah Islam. Namun, karena usia wali songo yang terbatas, menjadikan dakwah Islam yang di syiarkan di tanah Jawa belum sempurna. Sehingga masih banyak kekurangan dalam penyebarannya. Nah, seharusnya bagi para Da'i pelanjut risalah Islam inilah yang harus melanjutkan dan meluruskan ajaran Islam yang dahulu disebarkan oleh para Wali ini...

Wayang sebenarnya memiliki berbagai macam bentuk seperti wayang orang yang tokoh-tokohnya dimainkan oleh orang dengan dipadu kreasi seni tari sedang untuk wayang kulit, wayang Klitik, wayang golek, wayang menak, wayang beber yang tokoh-tokohnya berupa boneka yang dimainkan oleh seorang dalang,. wayang ini terbuat dari berbagai macam bahan seperti, kulit, kayu.

BERBAGAI MACAM JENIS WAYANG
(Dari Kiri ke kanan)
A. WAYANG ORANG
B. WAYANG MENAK
C. WAYANG KLITIK
D. WAYANG GOLEK
E. WAYANG KULIT
F. WAYANG BEBER
I. BERBAGAI MACAM JENIS WAYANG
1. Wayang Orang
2. Wayang Menak
3. Wayang Klitik
4. Wayang Golek
5. Wayang Kulit



1 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Di Tanggapi