Rabu, 04 Februari 2009

MARI KE MALANG

“ Apa yang ada di gambaran pikiran kamu saat ditanya Kota Malang “
“ Apel Malang”
“ Hhmm..Bakso Malang”
“ Bukannya AREMA MALANG dan SINGO EDAN”
“ ahh...kalian ini, KUPER banget sih, makanya jalan-jalan ke Malang dong...”
“Kenapa Malang?”
“Karena Malang itu indah.”
“Oya?”
“Ya!”
“Indah gimana?”
“Suasana Malang itu nyaman, sejuk, pemandangannya juga indah.”
“Itu saja?”
“Tentu tidak. Malang itu kota sejarah. Penuh cerita eksotis dari masa lampau.”
“Begitu?”
“Ya, lihat peninggalan kerajaan masa lalu di sini, Singhasari, candi-candi, serta budaya yang kental…”
“Lalu?”
“Dan lihat peninggalan cerita jaman penjajahan,, kau akan menikmati kisah kota ini”
“Ya,, baik “
“Tidak hanya itu, kota ini juga kota pelajar!”
“Berarti biaya hidupnya rendah?”
“Ya, quality tourism in a budget! “
“Quality?”
“Tentu, pariwisata Malang berslogan Malang Welcoming City, kota ini akan memberikan yang terbaik untuk tamunya. Malang memiliki jiwa yang indah”
“Wah. Ada lagi?”
“Masih banyak lagi! Kau mau tahu?”
“Ya, ya, tentu! Apalagi?”
“Baca aja ‘ndiri nih dibawah ini.”



Kota Malang sejak masa kolonial dikenal sebagai tempat peristirahatan dan tujuan wisata bangsa Eropa terutama dari Negeri Belanda. Iklim tropis pegunungan yang sejuk dan kaya pemandangan indah serta lingkungan yang alami dikelilingi oleh perkebunan, pegunungan, sungai dan taman menjadikan Kota Malang dikenal sebagai Paris Van East Java dan Switzerland of Indonesia. Kota Malang juga merupakan pusat pertemuan beragam etnik, agama, kepercayaan dan budaya khas Jawa Timur yaitu Jawa Tengahan, Jawa Kulonan, Jawa Wetanan (Blambangan), Pesisi Lor dan Kidul, Madura, Osing (Jawa - Bali) dan Mandalungun (Madura - Jawa) sehingga memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri.
Kota Malang pada saat ini merupakan tempat persinggahan / transit dan tujuan perbelanjaan serta souvenir / kerajinan rakyat bagi turis domestik dan mancanegara. Kebanyakan lokasi wisata di Jawa Timur berada di wilayah eks Karesidenan Malang (sekarang wilayah Pembantu Gubernur di Malang). Terutama di wilayah Kabupaten Malang dan Kotatif Batu, namun fasilitas pariwisata terlengkap ada di Pusat Kota Malang. Maka Kota Malang telah mantap menjadikan wilayahnya sebagai tempat bermukim sementara bagi para turis mancanegara dan domestik. Sebagai Kota Kenangan bagi turis Eropa terutama Belanda Kota Malang masih tetap sebagai primadona karena banyak peninggalan gedung / bangunan, taman khas warisan kolonial serta tempat bersejarah lainnya tetap dilestarikan oleh Pemda.
Untuk memudahkan pengunjung wisata di Kota Malang telah tersedia berbagai fasilitas penunjang bertaraf nasional dan internasional seperti hotel, tempat hiburan, rumah makan, valuta asing, tourist guide, travel biro, sarana transportasi, pos dan telekomunikasi, instansi pariwisata, pelayanan umum dan keamanan.
Sementara itu, tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi ketika kita berada di Malang banyak sekali. Ketika pertama kali kita menginjakkan kaki dari stasiun Kota Malang, kita bisa berjalan kaki kurang lebih 200 meter langsung menikmati keindahan taman kota di alun-alun bunder.Balai Kota Malang terletak di Jalan Tugu merupakan bangunan kuno peninggalan jaman kolonial Belanda. Sementara Monumen tugu yang terletak ditengah-tengah kolam air yang ditumbuhi teratai warna merah dan putih, disekeliling kolam di tumbuhi Lily air adalah eks taman JP Zoen Coen serta taman Monumen Tugu di kelilingi oleh pohon Trembesi raksasa yang berusia sangat tua yang sangat rindang. Selain itu juga terdapat bangunan SKODAM, Kantor DPRD Kota Malang, Hotel, SMAN 4 Malang dan SMA N 1 Malang.

Berjalan tidak jauh ke belakang SKODAM, kita akan menjumpai pasar burung dan pasar bunga. Terletak di Jalan Brawijaya, di jual berbagai macam burung dan bunga hidup di Malang dan Indonesia. Sangat mengasyikkan jika kita berlama-lama disini sambil menikmati keindahan jenis dan corak warna burung serta alunan merdu kicauannya. Juga kita bisa menikmati keindahan bunga-bunga dan tanaman hias yang dipajang di kion-kios sepanjang jalan. Atau berburu koleksi buku-buku bekas.

Tidak jauh juga dari sana, ketika kita melalui Rumah Sakit, kita akan mendapati Taman Senaputra. Taman ini tepat terletak di Jl Belakang Rumah sakit merupakan sarana hiburan anak-anak dan dewasa, di lengkapi dengan arena bermain dan kolam renang. Di setiap Minggu pagi di pentaskan hiburan Tari Jaran Kepang dan band. Juga merupakan tempat latihan tari, pencak silat dan karate. Terletak hanya 500 meter dari pusat kota.

Kalau kita berjalan lagi memutar akan kita jumpai alun-alun Kota. Mungkin awalnya kita akan heran, kenapa didalam kota terdapat dua alun-alun, alun-alun ini merupakan Taman yang Indah. Dari sini kita juga bisa menikmati pemandangan bangunan kuno seperti masjid Jami dan gereja Katolik serta pusat perbelanjaan yang mengelilingi alun-alun kota.

Barangkali bagi yang suka dengan kebudayaan di Malang, bisa saja kita mengunjungi Taman Krida Budaya. Taman Krida Budaya ini terletak di JL Soekarno Hatta merupakan tempat penyelenggaraan kegiatan Seni Budaya dan Pariwisata Jawa Timur dan Malang.

Nah, kalau dari balaikota kita naik angkutan biru bertuliskan ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari), kita bisa turun di Jl MT Haryono yang dekat dengan kampus Universitas Malang dan Universitas Brawijaya Malang. Disepanjang jalan ini merupakan pusat keramik khas Malang. Pengunjung dapat menyaksikan dan melihat proses pembuatan di pabrik. Kebetulan saya menginap dikontrakan teman saya di daerah Dinoyo belakang Rumah Sakit Islam. Disana dapat dijumpai rumah-rumah produksi keramik.

Lalu, di Malang ini kita juga bisa mengunjungi Taman Tlogomas, yaitu Di daerah tlogomas merupakan tempat rekreasi yang di lengkapi kolam renang dan arena bermain yang berjarak 7 km dari pusat kota.

Kalau kita tadi menumpang angkutan ADL, kita akan melewati taman yang sangat panjang. Seringkali disebut juga sebagai Ijen Boulvard. Di Jalan Ijen merupakan jalur hijau yang di hiasi bunga Bougenvil dan pohon Palem dengan latar belakang perumahan bergaya kolonial Belanda. Sementara itu, terdapat pula Museum Brawijaya, merupakan Museum TNI yang menyimpan senjata tradisional dan modern yang pernah di pakai pada perang kemerdekaan.

Kalau mengikuti angkutan ADL tadi sampai di daerah Arjosari, kita akan menjumpai Daerah Kerajinan Rotan di Arjosari, tempat pembuatan dan penjualan kerajinan rotan di Malang. Berjarak lebih kurang 5 km dari pusat kota.

Kalau kebetulan kita sedang berkunjung di Kota Malang pada hari sabtu atau Minggu, kita akan mendapatkan Pasar Wisata Tugu. Dapat dijumpai pada setiap hari Sabtu Sore dan Minggu pagi mulai pukul 5 Pagi hingga 10.00 di stadion luar Gajayana. Bermacam kerajinan dan souvenir dapat di jumpai disini. bahkan segala macam kebutuhan rumah tangga, jenis-jenis makanan tradisional dan produk unggulan dapat di temukan disini.

Tidak jauh dari Balai Kota Malang, kita bisa mengunjungi Taman Rekreasi Rakyat atau seringkali dikenal dengan Taman Rekreasi Kota (Tareko), terletak di tengah Kota Malang yaitu di Jl. Simpang Majapahit, tepatnya di belakang Gedung Balaikota Malang, Dibangun pada tahun 2002, Taman Rekreasi Kota Malang adalah untuk memenuhi keinginan masyarakat akan sarana rekreasi atau tempat bermain anak-anak di tengah kota yang memadai dan terjangkau.

Taman Rekreasi Kota Malang memiliki fasilitas antara lain :
sarana olahraga : 1. Joging track ; 2. Kolam renang ; 3. Areal senam bersama
sarana pendidikan : 1. Tanaman (flora) ;2. Taman mini satwa (fauna)
sarana belanja : 1. Stand produk unggulan ; 2. Stand gasebo (makanan khas malang)
sarana/tempat bermain anak-anak

Selain itu, ada juga tempat-tempatmenarik yang bisa juga dikunjungi didaerah sekitar Malang. Antara lain ;

Gunung Kawi, terletak di wilayah Kecamatan Ngajum. Terkenal sebagai tempat wisata spiritual. [banyak yang datang kesini untuk mencari berkah "ngalab berkah". Kalau kita menyempatkan untuk menginap didaerah gunung kawi, dan ketika bangun pagi sudah bisa melihat deretan pegunungan dari teras tempat tidur.

Gunung Arjuno-Welirang, gunung ini sering dipakai untuk pendakian dengan rute: Junggo, Cangar, Singosari, Lawang, Purwosari atau Pandaan. Nah, dari tempat penginapan kita bisa menikmati pemandangan itu sangat indah ketika membuka jendela dan langsung menghadap gunung . [ Wuiiihh jadi pengen kesana lagi, kapan-kapan aja ah.. juga sambil bawa kopi dan gorengan terus duduk di atas atap rumah.. kalo malem tentunya, kalo siang pasti dikira rada kurang kerjaan :) hee...]

Puncak Penanjakan Bromo lewat Nongkojajar.[tentunya kalo denger Bromo sudah pastilah tergambar asapnya yang "...BrulLL.." indahnya...!!!]

Waduk Selorejo, terletak di Kecamatan Ngantang (di tepi jalan raya Malang-Jombang)

Waduk Karangkates (Bendungan Sutami), terletak di Kecamatan Sumberpucung.

Taman Ria Sengkaling, terletak di tepi jalan raya Malang-Batu, terdapat kolam renang dan taman bermain.

Air terjun Coban Rondo, terletak di Kecamatan Pujon.

Air terjun Coban Talun, Coban Rais. [gak ada hub.nya sama Bapak Amien Rais Lho :)]

Air terjun Coban Pelangi, terletak di Kecamatan Poncokusumo.

Air terjun Coban Glothak, terletak di Kecamatan Wagir.

Pemandian Dewi Sri, terletak di Kecamatan Pujon menyajikan wisata pemandian air panas pegunungan. Wisata ini berada di dekat pasar Pujon sebagai sentra pemasaran buah dan sayur mayur.

Candi Singosari, terletak di Kecamatan Singosari.

Pantai: Pantai Ngliyep (baha Indonesianya : ngantuk..hehe...), Pantai Bajulmati (terjemahan Bahasa Indonesianya : anak buaya mati...serem amat ya...), Pantai Sendangbiru, Pantai Balekambang.

Pulau Sempu, pulau ini tepat berada di depan pantai Sendangbiru, apabila anda berkunjung ke pantai Sendangbiru sempatkanlah untuk berwisata ke pulau ini, karena pulau ini memiliki pesona keindahan yang masih sangat alami.

“Lha, trus kulinernya apa aja dong...?”

“ Hhmm...kalo kulinernya, bersambung aja ya...masih banyak yang membuat mistery di Kota Malang”

Reaksi:

5 komentar:

Enaknya jalan-jalan...mau dong... :O

Aq udah 3 x ke malang. UNIBRAW sdh, apel malang yg segar dan yg sdh dioven jg sdh. Bakso apalagi. Nonton Arema Malang yg blum.

terima kasih untuk info nya......lumayan untuk tugas IPS....hahaha....bravo smkn2 singosari.......bravo...bravo...bravo LIVERPOOL.........

Posting Komentar

Silahkan Di Tanggapi