Kamis, 22 Juli 2010

Gaji Minimal Untuk Nikah

Lagi sibuk nyari artikel tentang perencanaan keuangan keluarga, eh, nemu Artikel yang bagus buat baca-baca. Pastinya siapapun ketika mau menikah sudah mempunyai gambaran rencana setelah menikahnya dong. Sebenarnya kebutuhan apa saja sih yang di perlukan selama kita berkeluarga setelah menikah ?

Pernah gue denger orang nanya sama temennya....katanya begini : "eh, kalo gue nikah tapi dengan gaji gw yang cuma Rp#### bisa ga ya?”.

hmmm.....
Maka dari pertanyaan itu dibuat survey asal, ngawur dan jauh tata cara penelitian yang valid dan reabel...

dan berikut adalah daftar pengeluaran standar bulanan setelah menikah. Sekedar berbagi aja, buat temen-temen yang mungkin juga mengalami 'Matery after merit phobia syndhrome' (istilah asal nyomot)



Daftar anggaran bulanan (asumsi :disusun berdasarkan skala proritas, disusun dengan sangat2 relatif, dan berdasarkan basic needs standar menengah ke bawah seperti kebanyakan mahasiswa yang baru lulus) ^^v...

1. Makan

Dengan asumsi sekali makan adalah Rp 5000 Maka makan 3x sehari, kali 2 orang (karena lagu sepiring berdua cuma berlaku pada saat pacaran ajah), kali 30 hari adalah Rp900.000

Tips
Rajin-rajin ke kondangan atau sunatan, dan bawa pulang nasi kotaknya Pasti lebih ngirit. Kalau kondangan masih kurang, Makan jadi sehari 2 kali aja. Masih kurang juga..? banyakin puasa Senin Kamis. Masih kurang juga..? ya udah, Puasa Daud ajaa, sehari makan sehari puasa, gak usah pake sahur bakal ngirit pake buangeeet....

2.Kontrakan


Dengan asumsi masih ngontrak di rumah petak, yang punya uda botak, tapi masih galak, dan punya anjing belum jinak, Maka dana untuk kontrakan sekitar 350.000/bulan. Ini sudah yang paling murah.

Tips
Tinggallah di Pondok Mertua Indah Niscaya 2 dana diatas gak akan pernah ada. Di pondok mertua indah, anda akan bebas makan apa aja, termasuk 'makan ati'
(^__^)

3. Listrik dan Air

Dengan asumsi daya listrik 900 watt dan pake jetpam maka anggaran untuk listrik adalah 100.000/bulan

Tips
Jangan pake AC, cukup AC (angin cendela), gak usah beli TV, nebeng tetangga sebelah aja kalau kebelet nonton sinetron yang ceritanya monoton kan sekalian bisa sambung silaturohim. Trus Jangan suka main Plestesyen, cukup main monopoli,sudamanda atau gaple ama istri terasa lebih romantis. Kalau kurang seru, main gebhuk bantal sama Istri.

4. Transportasi

Dengan asumsi naik motor ke kantor, dengan motor yang paling irit ririt, maka untuk ongkos bensin dan servis adalah 100.000

Tips
Gunakanlah Bensin campur! (maksudnyah campur dorong, pasti lebih irit)
Atau ikutlah "Nebeng Fans Club", dengan alasan mempererat silaturahmi dengan yang ditebengi maka perjalanan berangkat dan pulang kantor akan terasa lebih menyenangkan.

5. Komunikasi


Dengan asumsi pake cdma yang 1000/menit maka untuk sebulan, ongkos komunikasi berdua adalah 100.000

Tips

Pakelah 'FREN' yang lebih murah (maksudnya kalo mau nelpon atau sms tinggal bilang"Freeen...minjam HP nya dong freen...")

6. Keperluan sehari2

Seperti sabun,odol,syampu, dll dsb Dengan asumsi tidak pake fesyel,krimbat, manikyur, pedikyur, kukyur2 maka alokasi dana untuk ini sebesar 50.000

Tips:

Mandi kalo perlu saja,Kalo dulu 2 kali sehari,jadi 2 hari sekali. Untuk ngirit odol kembalilah memakai tumbukan batu bata.

7. Kesehatan


Seperti minyak kayu putih,vitamin, obat pusing (ini penting buat pengantin baru wekekekek!), maka alokasi cadangan untuk kesehatan sebesar 50.000

Tips :

Jaga kesehatan

Jangan begadang...kalo tiada artinya...begadang bole saja...asalkan sambil
ronda (halah!!)

8.Entertaiment


Nah ini kalo ada uang lebih aja, bisalaah sekali2 nomat,liat live music,lari pagi di monas, atau makan martabak sekali2.di anggarin 50.000, aja

Jadii...
Dari asumsi basic needs diatas maka pengeluaran untuk tiap bulan adalah
sebesar :

1.700.000/bulan


(Bussyeeett dah...masih gede juga ya)

Mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan temen-temen ketika pengen nikah, untuk kemudian dibandingkan dengan pemasukan yang ada. Kalopun masih 'besar pasak daripada tiang'
Anda bisa memperkecil pasak, atau memperbesar tiang...ataauu. ..ga usak pake pasak, tapi dipaku aja!

Tapi ada 1 hal yang ga bisa dijelaskan dengan perhitungan
ketika anda memutuskan untuk menikah

(serius mode on*)

Yaitu, :: BERKAH MENIKAH ::
Selalu, Tuhan akan mencukupi kebutuhan umatnya yang mau berusaha dan berdoa, Selalu bersukur.

Reaksi:

6 komentar:

Bagi yang pernah punya pengalaman awal-awal pernikahan, silahkan bisa berbagi pengalamannya... (^_^)v

gak percaya ah...
antum belum nikah ini...

Dek Ichsan : Makanya, ane minta berbagi pengalaman bagi yang sudah nikah.. hoho... (^_^)v

bayar kontrakan + listrik&air Rp 500.000
cicilan motor Rp 500.000
makan @Rp 10.000 X 2 X 30 Rp 600.000
bensin @Rp 10.000/2 hr X 15 hr Rp 150.000
perlengkapan mandi Rp 50.000
susu anak( kl mo py anak) Rp 450.000

TOTAL Rp2.250.000
gaji UMR Ya selamet cari pinjemen dah

terima kasih atas infonya sangat bermanfaat dan bagus.
suplemen glucogen

Posting Komentar

Silahkan Di Tanggapi